UK visa

Bikin visa UK (Inggris) untuk pertama kalinya, harus jadi dalam waktu tiga hari, bisakah?

Saya sempat bertanya pada dua layanan travel agent berbeda, dan jawabannya sama-sama menjatuhkan semangat saya. Mereka bilang, rata-rata butuh waktu 2 minggu untuk membuat visa UK. Paling cepat pun butuh 5 hari kerja. Dan kenyataan bahwa saya belum pernah pergi (baca: punya visa) ke negara maju seperti AS, Jepang, dan Eropa, memperkecil kemungkinan saya untuk dapat visa dalam waktu singkat. Salah seorang travel agent yang saya hubungi bahkan sampai memarahi saya, karena menurutnya saya ceroboh, tidak tahu betapa sulitnya bikin visa UK, eh malahan ingin membuat dalam waktu demikian singkat. Padahal saya berbuat begitu ya karena kondisinya seperti itu.

Saya baru tahu kalau saya akan berangkat ke London 2 minggu sebelum hari H, dan baru dikirimi surat sponsor dari pihak pengundang hari Kamis siang, itupun setelah meminta berkali-kali (malah sudah sampai tahap “meneror” :p). Dan karena saya harus berangkat hari Kamis depannya (pagi-pagi), berarti minimal hari Rabu paspor saya harus sudah bisa diambil. Fiuh!

Tapi seseram apapun kabar mengenai sulitnya membuat visa UK, saya dan satu orang teman saya tetap berusaha bersikap optimis dan positif. Kami batalkan niat membuat visa melalui travel agent, antara lain ya karena tanggapannya cenderung negatif. Lagipula sejak 1 Maret 2011, UK Border Agency di Jakarta tidak lagi menerima formulir aplikasi visa manual. Jadi kita harus mengisi formulir aplikasi secara online di http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ApplyNow.aspx. Setelah mengisi dan submit (terkirim ke pihak imigrasi di UK), simpan dan cetak formulir tersebut untuk disertakan bersama dokumen-dokumen kita yang lain. Apa saja?

1. Pasfoto 3,5mm x 4,5mm dengan background putih (usahakan yang terbaru) untuk ditempel di formulir aplikasi (saya menyertakan satu foto cadangan tapi dikembalikan oleh mereka dengan menaruhnya di paspor saya).

2. Paspor lama dan baru.

3. Fotokopi kartu keluarga, akte lahir, KTP, dan akte nikah (jika ada).

4. Surat keterangan kerja dari kantor.

5. Fotokopi buku tabungan selama tiga bulan terakhir dan rekening koran (account statement) (saldonya disebut-sebut harus minimal 50 juta rupiah. Saya tidak tahu apakah memang harus begini, tapi saya bela-belain pinjam uang biar urusan lancar :p) (oh ya, rekening koran ini dikembalikan ke saya oleh pihak kedutaan).

6. Bukti booking tiket pesawat (yang saya sertakan hanya tiket AirAsia Jakarta-Kuala Lumpur pp, karena memang belum pegang yang Kuala Lumpur-London pp).

7. Bukti booking hotel (yang saya sertakan hanya booking hotel selama di Kuala Lumpur yang rencananya akan eksten, karena bukti booking hotel yang di London juga belum saya pegang).

8. Surat sponsor dari pihak pengundang (saya duga surat “sakti” inilah yang membuat saya lolos. Kebetulan saya menang lomba dan hadiahnya adalah perjalanan ke London).

9. Jadwal (itinerary) selama di UK (saya pikir ini penting untuk meyakinkan pihak kedutaan Inggris bahwa kita tidak akan luntang-lantung selama di sana :p).

Hari Kamis siang, tepatnya jam 12 kurang, saya dan teman saya memasukkan dokumen-dokumen tersebut ke PT VFS Services Indonesia yang ditunjuk kedutaan Inggris. Alamatnya di Plaza Abda Jl. Jendral Sudirman Kav 59 Lt. 22, Zone B. Posisi gedungnya tepat di seberang mal FX. Oh ya, kita bisa minta dokumen kita ditandai sebagai “urgent” oleh pihak VFS supaya bisa diproses lebih cepat (tapi tentunya semua tergantung pada keputusan pihak kedutaan). Teman saya tidak diminta membuat apapun untuk request “urgent” ini, tapi saya sempat diminta membuat semacam surat “cinta” kepada pihak kedutaan yang berisi alasan mengapa visa saya perlu diproses dengan cepat. Bayangkan betapa kelabakannya saya mesti menulis surat yang demikian penting, dalam bahasa Inggris, di depan si petugas VFS yang menunggu, tanpa bantuan apapun. Jadi kalau kondisi Anda seperti saya, ada baiknya membuat persiapan menciptakan surat seperti ini :p

Setelah selesai menyerahkan dokumen kepada petugas VFS, kita akan diminta menunggu panggilan untuk difoto dan scan sidik jari. Jadi memang tidak perlu memakai jasa travel agent karena toh kita memang harus datang sendiri ke kantor VFS untuk keperluan ini.

Oh ya, total biaya membuat visa UK ini (per akhir Maret 2011) adalah 1.050.000 rupiah, ditambah 25.000 rupiah untuk jasa pengiriman notifikasi bahwa visa kita sudah diproses dan sudah jadi ke SMS dan e-mail kita. Sekitar jam tiga sore di hari Kamis itu, saya menerima SMS bahwa dokumen saya telah disampaikan ke pihak kedutaan Inggris.

Hari Senin siang di minggu berikutnya, saya menerima telepon wawancara dari pihak kedutaan. Beliau menanyakan soal keperluan saya ke London, adakah kenalan di sana, dan mau melakukan apa saja di sana. Saya sempat bertanya kira-kira bisakah visa saya keluar pada hari Rabu? Si penelepon tidak bisa memastikan, katanya semua tergantung pihak UK yang menanganinya. Kembalilah saya deg-deg-an.

Rabu pagi, hari terakhir bagi saya untuk mendapatkan visa itu karena saya harus berangkat keesokan harinya pagi-pagi sekali, saya sempat menelepon pihak VFS. Sang operator menjawab visa saya masih diproses, dan biasanya butuh 2 minggu untuk selesai. Saya makin gelisah.

Alhamdulillah, sekitar pukul 10.30, saya menerima SMS bahwa paspor saya sudah bisa diambil di kantor VFS! Memang sih, belum ada kepastian saya dapat visanya, tapi untuk apa mereka cepat-cepat memproses visa saya kalau ternyata ditolak? Ah, tak terbayangkan betapa gembiranya saya! Apalagi setelah menemukan bahwa visa UK telah tertempel dengan manisnya di paspor saya, berlaku 6 bulan dan multiple entry pula!

Thank you, thank you, God and British Embassy! You’re truly so very kind! ^^

About kcplanet

Female. Indonesian. Love reading, traveling, listening to music, watching movies.

21 responses to “UK visa

  1. hemni

    waduh mba ….pinjem duit kemana ya sebanyak itu? saya dapat undangan dari kawan, selama disana saya ditanggung olehnya…mba ngajuin visa utk stay brp hari? apakah ngajuin 2 minggu tapi berlaku mpe 6 bulan ya mba…

    • halo halo hemni🙂

      wah aku juga pinjem duit ke mana-mana tuh :)) aku ngajuin visanya sesuai jadwal aku selama di sana aja, yang gak sampai seminggu. tapi terus mereka ngasihnya 6 bulan dan multiple entry itu🙂

      gutlak!🙂

  2. hemni

    hai lagi mba…soal duit tabungan…kudu diinepin berapa lama? pengennya sih juni kesana soalnya juli dah puasa… mau ngajuin 2 minggu juga deh..siapa tau sama beruntungnya dgn dirimu🙂
    doakan aku ya mba…semangat 2012 nih…nti saya kabari hasilnya…

    • halo mba. waktu itu karena bikin visanya mepet (pemberitahuan menang lombanya juga mepet sih), aku gak kepikiran tuh kalo minjem duit orangnya sebaiknya sejak jauh-jauh hari (biar gak kelihatan mencurigakan gitu, kok tau-tau ada kiriman duit banyak hahaha).

      jadi kira-kira 1-2 minggu sebelum apply visa, aku baru masukin tuh duit-duit pinjeman ke rekeningku. trus abis masukin berkas, langsung aku balikin :)) kalo bisa minjem dari sekarang (baca: ada yang rela minjemin gitu hehehe) ya hajar aja mba!!😀

      siap! doa uda dikirim dari jalan panjang nih :)) gutlak yak and think positive aja, kalo niat kita baik ya mudah-mudahan hasilnya juga baik😀

      ditunggu kabarnya!!

  3. saya juga menang hadiah ke UK nih, semoga ngurus visa-nya gampang. thanks for sharing!🙂

  4. aamiin aamiin. oh iya, kalo di International airport di London itu, ada airport tax-nya ga ya? berapa sih? (kalo di Indo kan 150 rb di Cengkareng u/penerbangan Internasional). Thank you

  5. Monica

    mksudnya 6 bln dan multiple entry itu apa yah? saya sedang mencari tau ttg visa UK soalnya untuk yg tourist

    • halo monica.
      maksudnya visa berlaku 6 bulan itu misalnya 1 januari sampai 30 juni 2012. multiple entry berarti bisa bolak-balik masuk UK. contoh, 11-22 januari aku ke sana. trus kalo mo ke sana lagi tgl 8 april (atau kapanpun asalkan sebelum 30 juni 2012), aku ga perlu bikin visa lagi.

  6. Arasuki

    Wahh kita baru mau akan mengajukan visa uk nih tadinya
    Mau pake agent mengingat pertanyaan di web nya kok susah bgt yaa ada cth jwbannua ga mba? Skrg pasport kita lagi di kedutaan prancis utk proses visa schengennya

    • wah aku gak simpen deh contoh jawabannya. misalnya pertanyaan apa yang susah dijawab? gak perlu pake agen, soalnya nanti harus datang sendiri ke sana karena langsung foto dan ambil sidik jari. gak pake agen aja waktu itu bayarnya 1,1 juta :((

  7. Wah, terima kasih atas sharingnya. Mantap, saya jga sedang menunggu H-3🙂

    • sama-sama🙂 gutlak yah!! ^^

      • Iya, doain ya. Tadi mencoba menelpon orang VFS nya. Dia bilang, urusnya 15 hari kerja, dimana sy bsa menerimanya 5 Sept… Wahhhh.. pengen nangis. Ada kemungkinan sie, bisa 10 hari kerja, semua tergantung Konsulat Inggrisnya. Saya baru masukin memang tgl 9 agt, tpi karena berhubung libur banyak banget di bulan agt ini, makanya jdi lama banget. Terima kasih ya.

  8. tha

    mbak,kalo utk visa study bs dkasi tanda urgent jg g?blh tw apa ada contoh suratny?thx

    • mungkin bisa yah. wah aku waktu itu bikinnya spontan banget, on the spot dan udah setahun yang lalu :)) ngasal juga gak papa, yang penting maksudnya tersampaikan🙂

  9. lil

    mbak, tolong tanya. kalau kedatangan kan tidak kena airport tax, terus nanti pas balik ke Indo nya bagaimana? nanti kena berapa yah? terus denger-denger ada yang namanya tourist tax itu apa ya? jadi ngeri….banyak banget taxnya

    • mba, seinget aku dulu pulang dr uk ke kuala lumpur (airasia) ga bayar apa2 lg. biasanya krn tax sudah dimasukkan ke biaya tiket. termasuk ga dapet cap dr imigrasi uk juga ihik :p

  10. ita

    Mbak, saya mengalami masalah yang sama dengan mbak juga. Namun saya baru baca blog mbak. jadinya nggak dikasih tanda urgent. Saya bingung apa yang harus saya lakukan karena saya dua hari lagi sudah harus berangkat, saya memasukkannya baru hari kamis minggu lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My stats

  • 86,138 hits

You clicked these

April 2011
M T W T F S S
« Mar   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

My blablabla on twitter

%d bloggers like this: