singapore!

Bukannya sombong atau apa, tapi sejak 2006 hingga 2010, setiap tahun saya berkesempatan sowan ke Singapura setidaknya satu kali. Tapi hanya satu kali yang benar-benar dengan motif jalan-jalan (baca: backpacking bareng teman), sisanya karena tugas dari kantor (baca: liputan). Eh, pernah juga satu kali saya sengaja eksten sewaktu liputan di sana, lumayan menginap selama 2 malam di dorm room hostel yang murah dan mencicipi Singapura sendirian. Meskipun biaya tinggal di negara ini cukup tinggi (IMHO, setara dengan Hong Kong), toh saya sangat menikmati keliling di sana–sebagian besar untuk rehat sejenak dari kemacetan Jakarta dan naik MRT-nya yang sangat saya kagumi.

Kalau ada teman yang belum pernah ke luar negeri dan bertanya pada saya enaknya pergi ke negara mana dulu, saya tak ragu menyarankan Singapura. Apalagi jika berani jalan-jalan seorang diri. Selain aman, banyak obyek wisata menarik di sana dan mencapainya juga mudah sekali berkat transportasinya yang komplet. Nyasar? Tinggal tanya karena penduduknya berbahasa Inggris dan banyak pula yang Melayu. Plus tidak perlu mengurus visa dan makin banyak tiket murah ke sana.

Lalu enaknya ke mana saja ya di Singapura? Saya punya beberapa tempat menarik yang selalu ingin saya datangi lagi setiap kali ke sana. In no particular order, ini beberapa di antaranya.

1.  Changi Airport

Kalau naik pesawat ke Singapura, pasti mendaratnya di sini jadi mestinya tidak usah disebut lagi ya? Tapi toh saya tetap menganggap bandara ini layak dijadikan obyek wisata saking cantik dan menariknya. Terdiri atas 3 terminal dan 1 terminal budget (untuk maskapai low-budget), tidak perlu gelisah jika harus transit lama di Changi karena kamu bisa menghabiskan waktu mengelilingi semua terminalnya memakai Skytrain yang canggih serta gratis. Akses internet juga tersedia secara gratis, bisa lewat desktop yang disebar di beberapa lokasi atau akses lewat laptop/smartphone (harus registrasi dulu tapi bisa digunakan selamanya jadi simpan login name dan password-nya).

2. Pulau Sentosa

Menurut saya sih daya tarik utama pulau buatan ini adalah Universal Studio. Keasyikan main di sini tidak perlu dipertanyakan lagi. Terus terang saya sendiri belum pernah ke sana karena terakhir kali ke Singapura statusnya belum dibuka hiks hiks. Saran saya, kalau niat main ke sini, pesanlah tiket via online karena beberapa teman saya melaporkan kehabisan tiket pas sampai di sana. Apalagi kalau pas musim liburan. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi kasino (gratis jika memperlihatkan paspor hijaumu), main-main ke pantainya, dan menonton pertunjukan Songs of the Sea.

3. Marina Bay

Katanya belum afdol ke Singapura kalau belum foto-foto di sini. Ada teater cantik Esplanade yang mirip durian itu, patung singa Merlion yang ternama, Helix Bridge yang keren, kincir raksasa Singapore Flyer yang sayang jika dilewatkan (tapi jika sudah pernah naik satu kali, nggak akan pernah penasaran lagi), dan yang terbaru (dan belum jadi pas terakhir saya ke sana hiks hiks) adalah hotel dengan kapal nangkring di atasnya yakni Marina Bay Sands. Sambangi di siang dan malam hari, karena suasananya beda, lho.

4. Bugis Street & Mal Bugis Junction

Ini lokasi favorit saya kalau berbelanja. Suasananya enak, cocok buat cari oleh-oleh dan makan/ngemil.

5. Little India

Sesuai namanya, ini areanya orang-orang India. Jadi cicipilah makanan India di sini (teman saya pernah ke sini khusus untuk mencari mat yoga) dan jangan beli coklat di mana-mana kecuali di Mustafa Centre. Pilihan coklatnya banyak dan harganya lebih murah dari toko manapun! Segala macam barang lainnya juga ada di Mustafa Centre, dan toko ini buka 24 jam jadi jangan takut nggak punya tempat nongkrong kalau di Singapura.

6. Orchard

Dulu saya pernah menginap di apartemen di Lucky Plaza dan oh betapa nikmatnya tinggal di sana karena begitu turun langsung disambut dengan pertokoan dan suasana yang begitu hidup! Tapi banyak yang menyarankan jangan belanja barang di Lucky Plaza itu sendiri karena banyak yang kemudian tidak puas/merasa tertipu. Banyak mal-mal keren di sini, dan salah satu aktivitas favorit saya adalah makan di Food Republic. Dan jangan lupa cicipi es krim 1 dollar SGD di gerobak keliling yang seliweran di jalanan Orchard tiap siang hari. Saya juga demen nongkrong di toko buku Borders yang desain gedungnya mirip piramida. Oh ya, kalau pegal jalan kaki, mampir saja ke Singapore Visitors Centre yang gedungnya didesain unik di area ini untuk sekadar numpang duduk, minta minum (gratis), pijat kaki (gratis juga!), ngadem di ruangan ber-AC, ambil brosur, atau tanya-tanya kepada para petugasnya yang super ramah.

7. Bras Basah

Kalau kamu pecinta buku seperti saya, sempatkan diri mampir ke sini. Banyak buku-buku second yang dijual murah, dan pilihannya bejibun!

8. Chinatown

Banyak orang memilih belanja oleh-oleh di sini (buy three for 10 dollar SGD! begitu promosi para pedagangnya), padahal IMHO sih banyak barang serupa dijual juga di tanah air. Tapi toh cukup worth it jalan-jalan ke sini untuk menikmati suasana dan warna-warninya yang ramai.

9. VivoCity

Sebagai kota mal, VivoCity layak disambangi karena inilah mal terbesar di Singapura dan banyak toko menarik, salah satunya adalah toko retail National Geographic pertama di Asia.

10. Clarke Quay & Boat Quay

Menyusuri lokasi ini di sore dan malam hari sangat menenangkan, banyak tempat untuk duduk sehingga kamu bisa rehat, ngobrol ngalur-ngidul, ngemil jajanan/es krim atau makan berat di restoran-restoran cantik di pinggir sungai, atau jalan terus (dari Clarke Quay) sampai Robertson Quay. Ada semacam mainan G-Force atau entah apa namanya di daerah sini, boleh dijajal jika ingin menguji kekuatan jantung atau sekadar menonton orang yang menaikinya.

11. IKEA

Meski biaya hidup di Singapura lebih tinggi ketimbang Malaysia, barang-barang IKEA di sini lebih murah loh! Bandingkan sendiri, deh. Ada 2 toko IKEA di Singapura (Alexandra dan Tampines), tengok di situsnya ya untuk keterangan lebih lanjut.

12. SuntecCity

Daya tarik utama mal ini adalah Fountain of Wealth-nya.

Alternatif lainnya:

National Museum of Singapore

* Singapore Zoo & Night Safari

* Kampong Glam di Arab Street

* Singapore Botanic Gardens

* Jurong Bird Park

* Science Centre Singapore

* Pulau Ubin

* Nonton Singapore Grand Prix

* Zouk

* Chijmes

* Snow City

About kcplanet

Female. Indonesian. Love reading, traveling, listening to music, watching movies.

8 responses to “singapore!

  1. lengkap banget review singaporenya! makasih ya! Aku seneng bacanya🙂

  2. Fajar

    2 favorit tempat kalau ke Singapore : IKEA ALEXANDRA dan VIVO CITY

    IKEA ALEXANDRA

    Toko bergaya supermarket yang nyediain barang-barang home living dengan desain dan model yang unik dan keren! Harganya juga sangat terjangkau. Kalau udah beli ini-itu malah suka jadi bingung juga, bawa pulangnya gimana ya? Apalagi kalau udah ngidam pengen beli barang-barang yang ukurannya memang besar, kayak meja atau bahkan sofa. hehe.. Tapi IKEA nyediain juga sih jasa delivery. (Berapa juta tapi ya biaya packing dan delivery ke Indonesia? :D) Jangan lupa sempetin juga untuk nyobain Hotdog khas IKEA yang harganya cuma 1 Dollar! Enak banget! Lumayan buat ganjel perut🙂

    SUNTEC CITY

    Kalau ke Suntec City, selain sering diadain expo buat barang-barang komputer dengan harga murah, gak lengkap banget klo gak duduk-duduk santai di pinggir kolam Goi Garden. Setelah itu lanjut ke Fountain of Wealth. Seru lho bisa iseng2 make a wish, yaitu dengan muterin lingkarannya sebanyak tiga kali, sambil tangan kita menyentuh si air mancur tersebut. Buat seru-seruan aja.. Kalau udah malem suka ada pertunjukan laser, lengkap dengan nama dan lagu yang bisa kita request pada saat show itu! Menarik banget!🙂

  3. Fajar, thanks buat sharingnya! ^^ eh, tapi kamu nulis di atas Vivo City, tapi kok review di bawahnya Suntec City sih? ;))

  4. Dennduud

    Nambahin.. saya kagum sama Chinese Garden-nya Singapore, apalagi kalo yang untuk yang berpasangan ya, wah, itu sore2 jalan2 berdua di situ enak banget, karna banyak pohon rindang, hehe.. Untuk akses ke sana juga sangat mudah, cukup naik MRT di jalur hijau sampai ke tujuan (Chinese Garden – EW 25), keluar dari stasiun langsung pintu masuk Chinese Garden..
    Jangan lupa juga ke Lao Pa Sat di deket Raffles Place, itu tempat makan malam yang unik, karna jalan raya yang biasa dipakai siang hari, khusus malam hari di tutup di Lao Pa Sat untuk tempat makan. Di situ saya suka sting ray-nya (ikan pari). Biasanya saya makan malam di situ, baliknya naik bus ke arah Merlion dan nongkrong di sana sambil makan es rpotong dengan hanya bayar S$ 1, hehehe..

    • wah, jadi kepingin nyoba ke sana! ^^ thanks for sharing!

      • Dennduud

        Silahkeun, hehehe… oiya, sharing tempat penginapan juga dong sis, kalo saya biasanya nginap di South East Asia Hotel di daerah Bugis, tempatnya cukup kuno, tapi nyaman, resepsionisnya baik2, hehe.. harganya untuk single S$100…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My stats

  • 86,138 hits

You clicked these

March 2011
M T W T F S S
« Nov   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

My blablabla on twitter

%d bloggers like this: