blackberry-an di luar negeri

Bagi para traveler yang pakai BlackBerry, ada cara murah untuk tetap menggunakan fasilitas handheld ini tanpa menambah biaya seperti push e-mail dan BlackBerry Messenger. Saya sudah membuktikannya sewaktu traveling ke Ho Chi Minh-Siem Reap-Phnom Penh sebulan yang lalu.

Oh ya, di sini saya menggunakan BlackBerry Gemini dengan operator Indosat. Berikut tips-nya.

1.  Pastikan kamu menggunakan paket BlackBerry unlimited yang masih aktif sebelum dan sesudah kembali dari luar negeri. Saya waktu itu menggunakan layanan BIS Indosat yang tarifnya 120.000 per bulan. Jangan sampai, misalnya saja, kamu memakai paket BlackBerry Irit dari Indosat yang menonaktifkan fitur WiFi.

2. Sebelum naik ke pesawat, pastikan kamu telah menonaktifkan layanan data saat roaming. Caranya, pilih menu “Manage Connections”, lalu klik “Mobile Networks Options”. Setel opsi “While Roaming” menjadi “Off” (sementara opsi “Data Services”-nya “On”).

3. Setelah sampai di negeri orang dan kebetulan berada di tempat yang terjangkau layanan WiFi, mari mencicipinya. Klik “Manage Connections” lagi, lalu pilih “Set Up Wi-Fi Networks”. Di menu baru yang terbuka, klik “Scan For Networks”. Setelah ketemu, BlackBerry otomatis akan menanyakan apakah kamu ingin menyimpannya. Iyakan saja. Dengan demikian, jika lain kali kamu bertemu dengan layanan WiFi yang sama, di manapun lokasinya, BlackBerry langsung akan mengenali dan mengaksesnya untuk kamu (jika belum tersambung juga, coba “Scan For Networks” hingga sukses).

4. Cara 3 akan berlangsung dengan mulus jika WiFi yang tersedia gratis dan tidak meminta kode apapun. Sedangkan jika ada kode yang harus dimasukkan, kamu harus mengubah caranya sedikit. Di menu “Set Up Wi-Fi Connection”, pilih “Manually Add Network”. Masukkan nama si layanan WiFi dengan tepat, lalu masukkan kode yang diminta.

Jika semua berjalan lancar, BlackBerry secara otomatis akan mem-push semua e-mail kamu. Kamu juga bisa chatting via BBM dan mengaktifkan berbagai aplikasi yang telah kamu install di BlackBerry, seperti Twitter, Facebook, Yahoo! Messenger, dan membrowsing internet. Semuanya dilakukan via WiFi.

Oh ya, cara ini akan secara otomatis mengubah status layanan data dari operator kamu menjadi “SOS”. Jadi kamu tidak bisa menggunakan si BlackBerry untuk menelepon maupun ber-SMS. Baiknya sih kamu menyiapkan satu ponsel lagi untuk keperluan tersebut. Tapi jangan khawatir, setelah kembali ke Indonesia, sinyal GPRS atau EDGE tersebut otomatis akan muncul lagi karena sudah tidak roaming.

About kcplanet

Female. Indonesian. Love reading, traveling, listening to music, watching movies.

10 responses to “blackberry-an di luar negeri

  1. Fara Ardia

    Thanks for the tips!
    Saya ada tugas ke Vietnam minggu depan, dan sempet bingung harus gimana?
    Btw, kalau untuk telpon, mending beli nomor sana atau keep SIM kita (dgn HP lain?). Saya agak malas bawa SIM sini, soalnya suka ada SMS KTA, yang bakal kena roaming.. :-S

    • Hmm, aku sih prefer pakai kartuku sendiri, apalagi kalo durasi tinggalnya nggak lama. Dan kalau pakai taktik BlackBerry-an murah di atas, kan jatohnya lebih irit tuh hehehe. Eh setauku kalo terima SMS nggak bayar deh. Coba cek lagi ke operator kamu.

  2. stanley

    hai, saya skrg sedang di HCMH, kok bb sây tidak merespon sama sekali u/ wifi?

  3. stanley

    bahkan saya dah coba untuk pakai jaringan telkomsel sây, tapi ga bía berfungsi juga. waktu di malay malah fine2 ajajah. âp vietnam nge-blocked bb y?

    • dear stanley,

      masa sih mas?? saya sih nggak bermasalah waktu di HCM. padahal mas sudah mengikuti langkah2 di atas dengan tepat ya? dan pernah berhasil waktu di malaysia? wah, saya nggak tau apa masalahnya kalo begitu. ada banyak faktor soalnya :D

  4. Bellezza

    mas, tanya donk.. kalo mau pake cara kayak yg dijelasin di atas tuh gak perlu ganti mobile network pake provider yg ada di negara yg bersangkutan yah?? Trus kalo pake paket blackberry full service yg hanya mingguan aja bisa apa gak? soalnya saya hanya travelling beberapa hari saja di singapura..

    • kok “mas” sih? emang foto gw kurang feminin yah?? :)) *justru gw yang bingung sampeyan cowo ato cewe :p*
      1. iya, pakai layanan kartu operator Indonesia.
      2. aku sih selama ini selalu pakai paket BB unlimited yang sebulan. kurang tahu apakah yang mingguan bisa ato enggak.

      • Bellezza

        oooppsss,… maaf yah, mba… td nggak liat fotonya.. fotonya udah feminin banget kok.. emang gwnya aja yg matanya agak2 kicer.. hehehehee…. gw cewe, mba… :D btw makasih yah buat commentnya.. semoga nanti bisa gw praktekin dan gak mbuat gw rugi… soalnya waktu itu pernah nyoba utk pake paket roamingnya dgn di suruh ganti mobile networknya pake provider luar negeri yg bekerjasama sama indosat (rp. 45 rb sehari) tpi yg ada malah rugi krn gak bisa bbm tpi malahan pulsa gw abis.. :(

      • hahaha. it’s okay :D
        kalo cuma 3 hari, coba manfaatin roaming gratis dari operator kayak ini aja #nggakberbayarlohya :p http://xl.co.id/language/id-id/layananinternasional/roaminginternasional/prabayarroaming

  5. lestari

    waktu itu sempet bisa aktif bbnya pake wifi, trus kecopot simcardnya jd ga bisa. ada yg tau caranya gimana biar bisa aktif lg ngga ya

Leave a Reply

My stats

  • 57,957 hits
November 2010
M T W T F S S
« Sep   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

My blablabla on twitter

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

