booking tiket

Pengalaman traveling saya emang gak gitu banyak, tapi toh saya tetap kepingin sharing “ilmu” saya selama backpacking, terutama pas booking tiket. Tanpa basa-basi lagi, saya ingin mengungkapkan bahwa hingga saat ini, setelah berpengalaman memesan tiket dan menggunakan jasa beberapa maskapai penerbangan (airasia, singapore airlines, viva macau, lion air, dan batavia air), airasia adalah airline favorit saya. Mesan tiketnya gampang, layanannya nyaris prima, dan kualitas pesawatnya juga oke punya. Overall, untuk harga semurah itu, airasia memang layak jadi budget airline terbaik di dunia.

Tidak sedikit teman saya yang bertanya, gimana sih cara mesan tiket di airasia? Kok elo bisa dapet murah banget? Buat saya, booking tiket di sana tuh gampang sekali. Tapi belakangan ini banyak perubahan baru yang mereka lakukan, jadi maaf saja kalo ternyata penjelasan saya ini kurang up-to-date. Terakhir kali saya memesan tiket mereka adalah pertengahan 2009😀

So, ini dia beberapa tips booking tiket di airasia dari saya.

1. Mau dapet harga murah? Ya pesanlah tiket pas masa promo mereka! Setiap kali airasia membuka kesempatan booking 1 juta kursi gratis atau semacamnya, saya selalu mengecek websitenya. Gimana biar dapat berita-berita seperti ini? Lihat di koran kompas, atau paling aman sih daftarkan diri kamu di websitenya untuk menerima “red alert” via email. Ini berarti kamu kudu rajin mengecek email. Biasanya sih promo kursi gratis yang mereka tawarkan cuma dibuka selama 3 hari dan berlangsung pada awal atau akhir tahun (satu tahun sekali).

2. Sedang ada promo kursi gratis? Buruan main ke websitenya dan coba pesan tiketnya. Misalnya tujuan kamu adalah jakarta – kuala lumpur – hanoi pulang pergi (pp). Berarti kamu kudu memesan 2 tiket, jkt-kl pp dan kl-hanoi pp. Silakan coba-coba kombinasi beberapa tanggal di kolom yang tersedia. Harus sabar dan cepat, karena saingan kamu gak hanya orang se-indonesia tapi bisa jadi sedunia! Misalnya, ketika di bulan oktober tidak ada harga 0 rupiah untuk tujuan tersebut, coba cari di bulan berikutnya atau sebelumnya atau di tanggal lainnya. Kalau mau benar-benar murah, ya semua tiket harus dapat 0 rupiah. Tidak mustahil kok. Buktinya saya sukses beberapa kali melakukannya. Terakhir, saya ke hanoi dengan rute seperti itu pada awal maret 2010, tiket sudah dipesan sejak awal 2009, total biayanya cuma 800 ribu rupiah, sudah termasuk bagasi dan asuransi.

3. Siapa cepat dia dapat. Itulah prinsip memesan tiket promo di airasia. Kalau kamu akan bepergian dengan teman, carilah tanggal yang tepat di komputer yang berbeda untuk memperbesar kesempatan mendapatkannya. Biasanya, saya menyesuaikan jadwal holiday dengan tanggal deadline media saya, biar kerjaan saya gak keteteran :p pastikan juga mau berapa lama perginya, apakah 5, 6, atau 7 hari. Usahakan cari dan lakukan pemesanan dengan cepat kalau tidak mau tiket tersebut keburu dibooking orang lain. Hal seperti ini pernah kejadian juga sama saya soalnya. Pas tinggal melakukan pembayaran, eh ternyata kursinya sudah tidak tersedia lagi😦

4. Sudah dapat tanggalnya? Oke, sekarang lakukan booking yang bisa agak tricky tersebut. Saran saya, pesanlah selalu asuransi (sekarang sih sudah default harus dipesan) karena akan sangat berguna. Saya pernah ketinggalan pesawat saat dari batam mau ke jkt. Karena bukan murni kesalahan saya (pihak airasia tidak berhasil menghubungi teman saya bahwa jadwal flight tersebut telah berubah), mereka langsung memberikan layanan inap gratis di hotel yang cukup bagus dan taksi untuk mengantar dan menjemput kami.

Kalau tujuan kamu ke kl, pasti kamu akan ditanya apakah ingin memesan tiket skybus dengan tujuan bandara lcct-kl sentral. Jika memang berniat main dulu ke pusat kota kl, pesan saja karena harganya sedikit lebih murah dibanding jika kamu membeli tiket skybus di bandara atau membayar langsung di bis. Tapi jika ragu-ragu, gak usah beli dulu juga tidak mengapa. Bisnya ada tiap setengah jam kok dan kalaupun penuh, ada layanan bis dari perusahaan lainnya yang tersedia (meski saya belum pernah coba).

Untuk tujuan ke hanoi, penerbangannya cukup lama lho, hampir 4 jam. Kalau sekiranya kamu akan kelaparan di pesawat, coba saja pesan dulu makanan yang ditawarkan saat booking tiket. Keuntungan pesan duluan di situ, kamu akan dilayani duluan (dicari dan dibawakan pesanannya), menu tersebut sudah pasti tersedia (soalnya saya pernah kehabisan), dan harganya (mungkin) lebih murah. Saya pribadi belum pernah memesan makanan saat booking, tapi sangat tertarik untuk mencoba😀

Gak perlu pesan kursi untuk masuk duluan ke pesawat karena sekarang semua flight airasia menawarkan nomor kursi–enggak lagi mesti berebutan duduk seperti di bis kota. Kepingin dapat kepastian kamu akan duduk bareng teman? Check in saja via mesin check in otomatisnya yang serupa atm. Praktis dan mudah, apalagi kalau kamu gak punya bagasi yang mesti dimasukkan sehingga gak perlu ngantri sama sekali di konter check in. Bisa langsung ke gate saja😀

5. Pesan bagasi atau tidak? Kalau sekiranya akan bawa barang banyak (maksimal 7 kilo yang boleh dibawa ke kabin), pesan saja sewaktu memesan tiket. Soalnya harganya jauh lebih murah. Kalo kamu memesannya di luar waktu tersebut tapi via web, tarifnya bisa naik 2x lipat. Beli bagasinya pas check in karena koper kamu terlalu berat untuk disimpan di kabin? Naiknya jadi 3x lipat.

6. Untuk mempercepat proses pemesanan, registrasilah sebagai anggota di website airasia. Kamu bisa langsung mendaftarkan informasi kartu kredit sehingga, sewaktu booking tiket, gak perlu lagi memasukkan infonya yang tentunya memperlambat proses.

7. Jangan langsung “down” kalau mendadak website memunculkan pesan error padahal kamu sudah pada tahap pembayaran. Hubungi pihak kartu kredit kamu dan tanyakan apakah sudah ada dana yang didebet atau belum. Jika dipastikan belum, baru pesan tiket lagi dari awal. Jika status pemesanan kamu beres, meskipun muncul pesan error, biasanya kamu akan langsung dikirimi email dari airasia berisi itinerary dan bukti asuransi. Biar aman, simpan semua halaman web hasil transaksi kamu. Sewaktu memesan tiket viva macau, tips ini sangat berguna karena ternyata mereka tidak mengirimi saya email itinerary seperti halnya airasia. Saya sudah menelepon mereka dan meminta dikirimi, tapi enggak ada follow up nya. Akhirnya yang saya bawa ke konter check in adalah hasil save halaman web tersebut. Wah jadi inget nih kalau viva macau sudah ditutup :p

8. Katanya sih pemesanan tiket (ke luar negeri) di airasia bisa dilakukan tanpa kamu perlu memasukkan nomor paspor (siapa tahu belum bikin). Tapi saya belum pernah mencobanya😀

9. Ingat, namanya saja tiket promo (gratis, lagi), jadi pastikan kamu tidak akan mengubah jadwal yang membuat kamu mesti memesan tiket lagi. Tiket kamu itu sudah enggak bisa dicancel atau diganti namanya supaya bisa dipakai oleh orang lain (setahu saya sih gitu). Diubah tanggalnya si bisa saja, asal gak kurang dari 24 jam sebelum waktu keberangkatan, tapi tarifnya mengikuti tarif baru yang tertera sewaktu kamu memesan lagi. Kalau lebih mahal, ya kamu mesti menambahkan. Kalau ternyata lebih murah, uang kamu enggak akan dikembalikan.

About kcplanet

Female. Indonesian. Love reading, traveling, listening to music, watching movies.

Leave a Reply

My stats

  • 86,138 hits

You clicked these

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

My blablabla on twitter

