must-have items

Saat bepergian, terutama kalau sedang backpacking, saya punya beberapa barang yang wajib dibawa, meskipun mungkin orang lain bilang, ah kan bisa dibeli di sana saja. Tapi alangkah lebih praktis dan tidak merepotkan jika kita sudah mempersiapkan segala sesuatu yang kira-kira akan kita butuhkan, just in case. Nah, without further due, ini dia beberapa must-have items saya.

* Tisu
Saya tahu menggunakan tisu itu kurang ramah lingkungan, tapi I truly can’t live without it! Baik tisu basah maupun kering selalu memenuhi koper saya: tisu kering ukuran kecil untuk dibawa ke mana-mana, ukuran lebih gede untuk ditaruh di kamar hostel, dan tisu basah untuk mengakali tiadanya air saat beraktivitas di wc kering.

* Kabel bercolokan panjang
Saya enggak tahu apa namanya, tapi kamu pasti tahu maksud saya. Perangkat ini sangat berguna, apalagi kalau kita menginap berdua atau lebih di satu kamar di mana semuanya butuh mengisi ulang baterai sesuatu: ponsel, kamera, notebook, ipod, dsb. Makin banyak colokan, makin bagus. Saya sih biasanya membawa yang enteng saja (harganya murah lagi) biarpun katanya kurang awet. Urusan bobot sangat penting sih buat saya, lumayan untuk mengurangi beban koper :p

* Colokan universal
Ini juga penting, terutama kalau kamu kurang tahu colokan jenis apa yang dipakai di negara yang kamu kunjungi. Ukurannya kecil dan bisa dilipat sehingga sangat praktis dibawa bepergian. Waktu liputan ke Taipei dan eksten seorang diri, saya sempat panik karena tidak bisa mencolok apapun padahal baterai semua gadget saya sudah koit. Alhasil saya mesti menghabiskan waktu mencari-cari colokan tambahan ke sana-sini sampai akhirnya ketemu di sebuah toko kamera. Menjelaskannya ke si penjual pun sulit sekali, perlu pakai bahasa tarzan sgala :p

* Obat
Kamu gampang demam atau sakit perut? Bawalah obat dari rumah yang memang kamu tahu manjur buat kamu. Saya misalnya, selalu membawa satu jenis obat flu ke mana-mana dan meminumnya setiap malam untuk mencegah badan saya drop keesokan harinya karena kecapekan atau flu. Membawa vitamin C untuk menjaga kondisi badan kamu juga enggak ada salahnya. Sahabat saya ada yang selalu membawa koyo sebagai “obat kuat” dia setelah berjalan kaki jauh😀

* Hansaplast
Maunya sih enggak nyebut merek tapi saya enggak tahu apa namanya obat ini. Kok gak digabungin sama poin di atas aja? Karena saya ingin menekankan pentingnya obat ini untuk dibawa–berdasarkan pengalaman pribadi. Waktu ke hanoi awal Maret lalu, saya sempat mengalami lecet kaki yang akhirnya berdarah-darah cukup parah sampai saya kuatir enggak bisa jalan. Wah, ini bahaya buat backpacker seperti saya yang mengandalkan kaki selama bepergian. Untung saja, karena telah menyediakan hansaplast di tas, saya bisa mengakalinya dan perjalanan saya nyaris tidak terganggu (kecuali saya sempat mampir ke apotik untuk membeli hansaplast baru dan semacam betadine :p).

* Charger
Bisa mati gaya kalau ini sampai ketinggalan, apalagi untuk charger kamera :p

* Plastik
Pasti berguna. Entah untuk membungkus handuk yang basah atau baju kotor.

* Tas ekstra
Akhir-akhir ini saya selalu membawa tas suvenir pers conference yang bahannya cukup kuat tapi ringan (ukurannya juga lumayan gede) untuk mengantisipasi koper saya tidak muat dan ada barang yang mesti ditenteng. Waktu dititipi mainan wall-e di disneyland hong kong, saya bersyukur sekali benda yang lumayan gede tersebut muat di tas ekstra saya.

* Lipbalm
Bibir saya mudah sekali kering sehingga lipbalm ini sangat efektif. Karena enggak suka memakainya, saya menggunakannya saat “darurat” saja seperti ketika berada di dalam pesawat, sebelum tidur, dan selagi traveling di negara bercuaca dingin.

* Payung
Di musim panas pun saya selalu membawa-bawa ini. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Kebetulan saya punya payung yang mungil sekali sehingga tidak merepotkan sewaktu dibawa.

* Uang usd
Mata uang ini sudah pasti diterima di manapun, jadi saya lebih suka membawanya ketimbang mata uang asli negara yang bersangkutan. Nanti ditukar saja seperlunya di money changer sana.

About kcplanet

Female. Indonesian. Love reading, traveling, listening to music, watching movies.

5 responses to “must-have items

  1. ayu

    banyak jg kes bawaan lo kalo jalan2 ternyata… ampe bawa2 colokan hehehe

    soal si conf material itu emang kadang nyebelin karna mereka tu bulky walo ga berat. jadi biasanya yg gw liat tu orang2 yg bawa tas/koper ga besar pas conf mereka buangin aja barang2 yg mereka anggep ga perlu [kaya tas, proceeding -tp skarang proceeding dah dibuat dalam bentuk cd jadi ga ribet-, notepad2]…

  2. Hehehe penting banget tuh colokan. Bayangin aja, kalo lu sekamar bertiga, semuanya mau nyolok charger henpon en baterai kamera, padahal colokan listriknya cuma satu, apa gak pada berantem tuh ntar :))
    Hmm, betul emang kalo conference material tuh kadang nyebelin. Gw pernah waktu liputan ke Singapura dan salah satu suvenir yang mereka kasih adalah semacam bingkai foto yang berat banget dan gede pula. Nyaris mau gw tinggal aja di kamar hotel saking malesnya bawa :p

  3. hehe… sekarang must have item gue nambah kes. Bukan cuman koyo, tapi tolak angin sachet…maklum da tambah umur😛

  4. Den

    Ehm… kl gw sih yg plg pertama mesti bawa ANDUK… multifungsi lho, bisa buat lap kringet…nutup pala kalo panas terik, kalungin di leher kl dingin, ngusir nyamuk kl tidur di r terbuka, buat pelapis kamera, trus jg buat profesi dadakan kl pas ga ada doku (aka nguli)… hehehehe😀

    *njrit, indomi gw angus gara2 maen net :((

    • ah elo mah gak kmana2 juga bawa2 anduk ;))

      btw, gw jd inget kalo lu pernah DLK gak bawa sikat gigi trus ternyata ga disediain di hotelnya dan akhirnya lo gak sikat gigi bbrp hari ya?? so gross… =))

Leave a Reply

My stats

  • 86,138 hits

You clicked these

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

My blablabla on twitter

