lalu lintas yang dahsyat

Meskipun sudah banyak membaca tentang aksi para pengguna motor di Hanoi yang kabarnya jauh lebih banyak dan seram dibandingkan Jakarta, saya masih tidak siap ketika mengalaminya sendiri. Sepanjang perjalanan dari bandara Noi Bai (bener ga si ini? :p) ke Hanoi yang memakan waktu 30-45 menit, lalu lintas lancar-lancar saja dengan pemandangan mirip kota-kota kecil di sepanjang jalur mudik–ada banyak lahan yang digunakan untuk persawahan, dan posisinya dengan rukunnya berdampingan dengan pabrik-pabrik beken macam Canon dan Panasonic. Tapi aksi saling adu klakson sudah mulai terasa. Ya, orang-orang di sana demen banget klakson sana-sini sehingga jalanan jadi bising banget! Saya sampai merindukan jalanan di Jakarta, apalagi di Kuala Lumpur yang sama sekali bebas dari suara klakson (jangan-jangan di mobil mereka memang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut :p).

Setelah tiba di Hanoi, saya mendapati bahwa jumlahnya motornya sih memang banyak, tapi gak jauh-jauh amat bedanya dengan di Jakarta. Istimewanya, mereka semua ngebut! Baik itu motor, mobil (bagus-bagus, sepertinya hanya orang-orang yang sangat kaya saja yang bisa memilikinya), bis (jumlahnya sedikit tapi kualitasnya mendingan dibandingkan bis kita), dan taksi (juga bagus-bagus, kalah jauh sama taksi di singapura atau kuala lumpur yang kebanyakan jelek). Hebatnya, di perlimaan ato perempatan jalan yang padat sekalipun, tidak ada lampu lalu lintas! Semua orang boleh melintas ke mana saja, dari arah mana saja, dan sekencang apapun karna polantas juga nyaris gak ada. Kondisi begini membuat aktivitas menyeberangi jalan, baik itu jalan sempit maupun jalan lebar sampai 4 jalur, bak mau harakiri. Bikin stres! Tapi setelah beberapa kali saya bolak-balik menyeberang, saya jadi ngeh dengan tipsnya. Intinya sih, santai saja. Tidak perlu menunggu sampai lalu lintas agak lengang karena gak akan pernah terjadi sampai kapanpun juga. Sekalipun kamu menyeberang dengan mata tertutup dan berjalan dengan kalem saja, kamu gak akan tertabrak karena para pengendara motor-motor itu sangatlah jago dan akan langsung menghindari kamu dengan canggihnya tanpa mengurangi kecepatannya sedikit pun.

Yang saya gak habis pikir, biarpun mereka doyan sekali klakson sana-sini, ketika bis yang saya tumpangi berputar balik di jalan yang sangat sempit sampai menghentikan lalu lintas cukup lama, atau berhenti di persimpangan jalan untuk menurunkan penumpang, atau ada pengendara motor menjatuhkan helmnya dan kemudian memarkir motornya melintangi perempatan jalan untuk mengambil si helm, gak ada yang membunyikan klakson sekalipun! Mereka rela menunggu dengan sabarnya. Tapi begitu ada kendaraan di depannya yang berjalan lambat sedikit saja, jeritan klakson dijamin akan langsung membahana.

Tapi segala kegilaan lalu lintas di Hanoi ini ternyata mampu meniadakan kemacetan. Ya mungkin karena semua orang berlalu dengan kencangnya, meskipun mereka melakukannya dengan sangat sembarangan seperti mengambil jalur yang berlawanan arah. Para pejalan kaki sepertinya juga sudah terbiasa dengan kondisi minus trotoar yang kebanyakan malah dipakai untuk parkir kendaraan.

Oh ya, saya tidak mencoba naik bis di sana, tapi beberapa kali mencicipi layanan taksinya. Saran saya, untuk menghindari argo kuda atau dibawa berputar-putar oleh sopir taksi yang nakal, pilihlah taksi bernama mai linh (kalo gak salah). Taksi seukuran honda jazz ini ibarat blue bird-nya kita, karena orang vietnam sendiri sepertinya lebih prefer menaikinya. Tarif awalnya juga lebih mahal dibandingkan taksi yang nakal, yakni 9000 dong atau sekitar 4500 rupiah(tarif bawahnya 8000 dong). Supirnya rapi dan mengenakan dasi serta ramah.

About kcplanet

Female. Indonesian. Love reading, traveling, listening to music, watching movies.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My stats

  • 86,138 hits

You clicked these

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

My blablabla on twitter

%d bloggers like this: